Toilet Termahal Sedunia Seharga Rp. 343 Miliar

Sekolahnews.com РToilet termahal senilai Rp343 miliar akan dikirim NASA ke luar angkasa untuk digunakan astronaut yang tinggal di International Space Station (ISS). 

Toilet baru buatan NASA memang tidak diperuntukkan bagi rumah atau kantor, melainkan akan dikirim ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) pekan depan.

Melansir Space, Selasa (29/9/2020), sistem toilet ini bernama Universal Waste Management System (UWMS).

Baca juga: Kenali 6 Teknologi Terbaru NASA Untuk Bumi

Majalah Time menyebut toilet untuk ISS adalah yang paling mahal di dunia, karena untuk kebutuhan luar angkasa.

Toilet ini memiliki ukuran 65 persen lebih kecil dan 40 persen lebih ringan dibandingkan dengan toilet yang saat ini ada di ISS.

NASA akan meluncurkan toilet ini menggunakan kapsul kargo Cygnus milik Northrop Grumman sebagai bagian dari misi suplai rutin.

Sesampainya di ISS, astronaut akan menjajal bagaimana toilet baru ini bekerja di lingkungan dengan gravitasi kecil seperti stasiun luar angkasa.

Baca juga: NASA: Perjalanan Antariksa untuk Warga Biasa akan Segera Terwujud

“Toilet ini dirancang untuk eksplorasi dan dikembangkan berdasarkan desain toilet luar angkasa sebelumnya,” kata Project Manager Advanced Exploration Systems Logistics Reduction NASA Melissa McKinley dalam konferensi pers.

Desain canggih toilet luar angkasa ini mencakup corong urin dan kursi yang diciptakan untuk bisa mengakomodasi astronaut perempuan.

Toilet ini juga memiliki dua kipas titanium yang bisa menciptakan aliran udara sangat kuat yang bisa mendorong urin dan buangan lainnya ke toilet meski tidak ada gravitasi.

(Sumber: rri.co.id)