Apa Itu Program Ekstensi, Cari Tahu Kuy?

SekolahNews — Bagi kamu lulusan vokasi yang tertarik mengambil program ekstensi, ada lima hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu!

1. Apa itu program ekstensi?

Program ekstensi adalah salah satu jenjang pendidikan yang memungkinkan lulusan D3 menjalani program S1 tanpa harus mengulang mata kuliah yang sudah didapatkan sebelumnya. Dengan program ekstensi, kamu dapat menempuh pendidikan S1 dalam waktu dua sampai tiga tahun lebih cepat ketimbang program S1 reguler.

Baca juga: Pilih Kuliah Diploma atau Sarjana?
Baca juga: Perbedaan Program Kuliah D1, D2, D3, dan D4

Bagi kamu yang sudah bekerja, berbagai institusi juga menyediakan program ekstensi kelas malam. Biasanya, perkuliahan akan berlangsung selama dua jam pada hari kerja, sementara jadwal berbeda diterapkan di hari Sabtu.

2. Cari institusi yang menyediakan program ekstensi

Tidak semua perguruan tinggi menyediakan program ekstensi sehingga kamu perlu menelusurinya terlebih dahulu. Buat kamu yang sedang mencari informasi tersebut, ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang menyediakan program ekstensi, yakni Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga.

Tidak hanya PTN, perguruan tinggi swasta (PTS) juga memiliki program ekstensi, misalnya saja di Universitas Gunadarma, Universitas Mercu Buana, Universitas Bina Nusantara, Perbanas Institute, Universitas Widyatama Bandung, dan Universitas Trisakti. Setiap kampus memiliki program studi yang berbeda, jadi sebaiknya cari tahu dulu di situs resmi mereka, ya.

3. Pahami detail jurusan yang diminati

Jurusan kuliah yang diambil akan menentukan kesiapan kamu dalam menjalani studi, perencanaan program, hingga penentuan karier di masa yang akan datang. Jika kamu sudah bekerja dan menyukai bidang pekerjaan tersebut, maka carilah yang mampu mendukung kariermu.

Yang perlu diketahui, kamu tak bisa sembarangan memilih jurusan untuk program ekstensi. Apabila tidak linier atau terlalu banyak SKS (satuan kredit semester) di jenjang pendidikan sebelumnya yang tidak bisa dikonversi, maka kamu terpaksa harus mengambil program regular alias mengulang kuliah S1 dari awal.

4. Penuhi syarat masuk program ekstensi

Setiap perguruan tinggi sebenarnya memiliki syarat masuk yang berbeda-beda, tergantung kebijakan institusi dan jurusan yang dipilih. Namun, persyaratan umum di setiap perguruan tinggi antara lain sebagai berikut:

  • Pendaftar merupakan lulusan PTN atau PTS yang terakreditasi
  • Memiliki IPK minimal 2,00 sampai 3,00
  • Lulusan perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan peniliaian minimal sama dengan lulusan sarjana muda di Indonesia. Nilai tersebut juga harus sudah disahkan oleh Ditjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Menunjukkan bukti kelulusan berupa ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dan transkip akademik atas nama pendaftar.
  • Jika masih aktif bekerja, maka kamu harus menyertakan surat keterangan kerja, surat persetujuan atau surat izin dari atasan langsung.
5. Rencanakan biaya kuliah dengan baik

Sebelum mengambil program ekstensi, kamu harus mencari tahu berapa biaya kuliah yang dibutuhkan sampai lulus. Apabila kamu sudah bekerja, maka perhitungan ini akan menentukan cara kamu mengelola penghasilan setiap bulan.