Buang Ingus dengan Keras Bisa Berbahaya buat Hidung

Sekolahnews.com – Pada musim hujan seperti sekarang ini seringkali kita melihat orang sakit pilek. Apalagi kondisi cuaca saat yang tidak menentu, dimana kadang panas terik dan kadang hujan lebat. Badan kedinginan, kepala pusing, serta hidung ‘meler’ kerap terjadi ketika kita mengalami pilek.

Ketika terserang pilek,seringkali kita merasa terganggu oleh perasaan hidung tersumbat, atau keluarnya cairan dari hidung yang kita sebut “ingus”.  Begitu terganggunya hingga umumnya kita akan berusaha mengeluarkan ingus tersebut dengan meniupnya sekeras mungkin tanpa menyadari bahaya yang mungkin ditimbulkan.

Kendati hidung menjadi lebih ringan, namun tindakan itu juga memiliki efek buruk yang tak kalah banyak. Dilansir dari Her, tindakan itu dapat membuat hidung menjadi bengkak dan infeksi, bahkan bisa mengakibatkan luka lebih lanjut.

Baca juga: Etika Batuk Dan Bersin

“Membuang ingus keras-keras merupakan hal yang sangat buruk untuk dilakukan karena dapat melukai bagian dalam hidung dan juga melukai bagian yang menghubungkan hidung dan sinus,” jelas dr. Lucy Belton.

“Luka ini dapat membuat seseorang menjadi tak nyaman dan potensial membuatnya terkena penyakit seperti sinusitis,” sambungnya.

Dilansir dari timesofindia, menurut studi yang dilakukan oleh dr. J. Owen Hendley dan beberapa pakar infeksi lain dari University of Virginia dan University of Aarhus di Denmark, kebiasaan membuang ingus dapat menyebabkan aliran balik ingus ke dalam rongga sinus.

Tindakan membuang ingus dapat menyebabkan peningkatan tekanan yang cukup besar dalam rongga hidung lebih dari 7 kali lebih besar dibandingkan peningkatan yang dihasilkan ketika bersin atau batuk.

Cara yang Aman Dilakukan

Dr. Michael Kuo dari bedah THT Medsat menyebut bahwa membuang ingus kuat-kuat dapat melahirkan rasa sakit.

Cara yang direkomendasikan untuk membuang ingus adalah dengan pelan-pelan. Tekan jari pada salah satu bagian hidung dan tiup pelan-pelan pada bagian hidung satunya.

Baca juga: 7 Penyakit yang Muncul Saat Musim Pancaroba

Disamping itu dapat melakukan mengeluarkan ingus secara perlahan atau mengambil dekongestan, obat untuk meredakan hidung tersumbat. Hal ini untuk mencegah penumpukan tekanan berlebih pada sinus.

Anda juga perlu memulai pengobatan untuk flu. Jangan menunggu satu atau dua hari untuk melihat apakah flu akan sembuh dengan sendirinya atau tidak.